Tips aman menggunakan tabung gas LPG

Melihat banyaknya kasus ledakan dari tabung gas LPG akhir-akhir ini memang cukup memprihatinkan. terutama rakyat kecil yang menjadi korban, sungguh menyedihkan.

Ada beberapa tips untuk mencegah ledakan tabung gas LPG, ini sudah pernah ditayangkan di sebuah stasiun tv swasta beberapa waktu lalu, akan tetapi mungkin  tidak ada salahnya untuk saya share kembali dan saya tambahkan sedikit (from: dinas pemadam kebakaran dan pertamina) Berikut tips nya :

  1. Belilah tabung gas LPG di agen resmi Pertamina.
  2. Cek tabung gas apa kondisinya layak atau baik untuk digunakan: tidak penyok, goresan, karat dan pastikan ber-logo SNI serta segel plastiknya dalam kondisi baik (elastis, tidak robek atau longgar).
  3. Pengecekan tabung gas juga dapat dilakukan dengan cara; mencelupkan tabung gas kedalam wadah yang berisi air (sebelum di celup pastikan segel plastiknya masih terpasang), pastikan juga tercelup dengan sempurna (seperti kalau mau tambal ban bocor, maklum sering nambal,.hehe), nah jika tidak ada gelembung air yang keluar maka tabung gas aman, sebaliknya jika ada gelembung air yang keluar, maka kemungkinan tabung gas bocor.
  4. Setelah tabung gas dipastikan aman, sebelum digunakan, cek terlebih dahulu apakah selang sudah benar-benar terpasang dengan baik ke regulator dan kompor gas (regulator terpasang erat pada katup tabung dengan posisi knop mengarah kebawah dan pastikan tidak ada suara desisan pada saat sudah terpasang, selang terpasang erat dengan klem pada regulator dan kompor gas). pastikan juga pada saat segel plastik dilepas, karet pengaman berwarna hitam masih ada pada valve tabung gas.
  5. Letakkan tabung gas pada posisi yang aman, yakni dibawah kompor dan agak jauh. Sebaiknya ditempatkan pada ruangan dengan ventilasi yang baik.
  6. Setelah semuanya dipastikan aman, nyalakan kompor.

Info tambahan :

  • Belilah Kompor gas beserta peralatanya yang ber-logo resmi SNI.
  • Rawatlah Kompor gas beserta peralatannya secara rutin.
  • Jangan memakai kompor minyak tanah dan kompor gas secara bersamaan dalam jarak yang dekat.
  • Jika tercium aroma gas yang menyengat atau aroma kebocoran, jangan nyalakan kompor gas. pastikan tidak ada sumber listrik dan sumber api karena dapat memicu kebakaran atau ledakan.
  • Jika terjadi kebocoran pada tabung, keluarkan tabung jauh dari ruangan atau dapur.
  • Waspadalah selalu.

Semoga bermanfaat,..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s