Pandangan bahwa “ peluang hanya datang sekali” cuma isapan jempol saja

Pandangan ini sudah sering sekali saya dengar, bahkan pandangan ini sepertinya sudah menjadi doktrin, dan secara sadar diterima oleh masyarakat umum. “kalau kamu tidak lakukan sekarang, maka hilanglah kesempatan kamu, ingat peluang hanya datang sekali,lho” , hal ini mungkin sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kalau orang tidak melakukannya sekarang maka yang ada didalam pikirannya “dia akan menyesal selama-lamanya, kreatifitas akan berakhir, hidup akan berakhir”. Dan kebanyakan orang meyakini hal tersebut.

Sebenarnya peluang itu hadir hampir dimanapun kita berada. Banyak peluang yang tercipta, puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaan, jadi peluang itu sebenarnya sungguh tak terbatas. Ada sejumlah pekerjaan yang tercipta tipa harinya, peluang-peluang bisnis, proyek-proyek baru, buku-buku yang perlu ditulis, mengajar dan sebagainya yang tentu masih banyak lagi. Dalam diri kita sebenarnya ada potensi, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk di berikan kepada orang lain. Kita hidup didunia telah di anugerahkan potensi yang tidak terbatas, maka kita perlu tahu potensi apa yang kita miliki, sehingga banyak hal yang dapat kita capai.

Rasa takut perlu dihilangkan, hal ini hanya akan mengaburkan pemandangan didepan anda dan akan mendepak peluang-peluang yang datang dari berbagai arah. Kita sering terperangkap dengan pandangan bahwa peluang hanya datang sekali, dan cenderung terburu-buru untuk melihat sesuatu yang kelihatannya seperti peluang. Mungkin saja itu bukan peluang yang tepat, tidak sesuai dengan diri kita dan mungkin tidak begitu benar-banar kita minati hanya karena ada perasaan takut saja. Padahal masih banyak potensi yang bisa kita manfaatkan secara bijak.

Rasanya kita perlu untuk menghilangkan doktrin “peluang hanya datang sekali” dan menggantinya dengan “peluang tidak hanya datang sekali”. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri yang besar untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan dan membuka pikiran untuk peluang-peluang yang baru. Bagaimana melihat cara-cara baru untuk mengerjakan sesuatu, kesempatan-kesempatan baru dan kegagalan-kegagalan di masa lalu. Peluang itu sebenarnya selalu ada, hanya kita tidak menyadarinya. Di dunia ini mempunyai persediaan peluang yang tidak terbatas, tinggal bagaimana kita mau mencari tahu peluang itu. Mungkin tanpa kita sadari bahwa sekarang pun ada peluang yang sedang menghampiri kita, jadi bersiap-siaplah terkejut! 🙂

Semoga bermanfaat,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s